10 Tempat Wisata di Makassar yang Bagus dan Wajib Dikunjungi

tempat-wisata-di-makassar

Kota Makassar merupakan salah satu kota besar yang memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Meski selama ini kota Makassar terkenal dengan Pantai Losari. Namun sebenarnya, tempat wisata di Makassar tidak hanya itu saja.

Karena ada beberapa destinasi wisata lain yang tidak kalah indah dan pastinya ramah dikantong. Untuk anda yang sedang bepergian ke Makassar dan ingin tahu apa saja tempat wisata yang ada di sana. Berikut kami bagikan 10 tempat wisata di Kota Makassar yang bagus dan wajib dikunjungi.

1. Benteng Rotterdam


benteng-rotterdam

Tempat wisata pertama yang bagus di Kota Makassar adalah Benteng Rotterdam. Perlu diketahui, letak Benteng Rotterdam ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pantai losari. Selain menjadi tempat wisata, bangunan yang satu ini juga memiliki nilai histori tinggi bagi masyarakat Makassar.

Sebab menurut sejarahnya, bangunan Benteng Rotterdam ini telah dibangun ratusan tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1545 oleh Raja ke-9 Kerajaan Gowa-Tallo. Dan yang unik dari bangunan ini, ternyata pada awal pertama kali dibangun hanya menggunakan tanah liat dan juga putih telur.

Namun hal tersebut tidak berjalan lama. Sebab bangunan tersebut kemudian disempurnakan kembali oleh raja ke-14 Kerajaan Gowa-Tallo. Untuk anda yang ingin  mengunjungi tempat wisata Benteng Rotterdam. Anda bisa berkunjung ke sana setiap hari mulai jam 08:00 hingga 18:00. Harga tiket yang dipatok pun terbilang murah. Hanya sebesar Rp. 7.500 perorang.

2. Taman Nasional Bantimurung


taman-nasional-bantimurung

Untuk anda yang suka dengan pemandangan alam yang cantik dan asri. Tempat wisata Taman Nasional Bantimurung ini cocok sekali untuk masuk dalam list tempat wisata anda di Kota Makassar. Di tempat ini anda bisa melihat pemandangan-pemandangan indah seperti air terjun, bukit kapur, dan juga gua.

Selain itu, anda juga bisa melihat ratusan jenis kupu-kupu yang cantik dan sangat memanjakan mata. Meski kini telah resmi menjadi taman nasional. Namun sebenarnya, awal pertama kali ditemukannya tempat indah ini karena jasa dari seorang ahli botani berkewarganegaraan Inggris bernama Alfred Russel Wallace.

Hingga akhirnya tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk berwisata ke tempat ini anda tidak perlu ragu-ragu. Sebab ada banyak hal seru yang bisa anda lakukan di sini seperti berenang, mandi di bawah air terjun, bermain flying fox, dan juga menjelajahi gua. Harga tiketnya hanya sebesar Rp. 20.000 perorang. Murahkan?

3. Pantai Losari

pantai-losari

Tempat wisata yang satu ini tentu tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Meski disebut dengan pantai. Namun sebenarnya, Pantai Losari ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pantai-pantai lainnya di Indonesia.

Keunikan tersebut adalah tidak adanya pasir yang menyelimuti bibir pantai. Tetapi meski begitu tetap saja Pantai Losari ini merupakan tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Sebab, di tempat ini anda bisa menjumpai begitu banyak kuliner khas Kota Makassar seperti es pallu butung, sop konro, dan pisang epe.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Losari adalah saat pagi hari terutama saat akhir pekan. Atau juga saat sore hari dimana orang-orang akan berkumpul untuk menunggu indahnya pemandangan matahari terbenam.

4. Trans Studio Makassar


trans-studio-makassar

Jika anda ingin menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama dengan keluarga di akhir pekan. Mungkin tempat wisata yang satu ini bisa menjadi solusinya. Trans Studio Makassar ini menawarkan banyak sekali permainan menarik untuk anda dan keluarga.

Beberapa permainan yang ada di tempat wisata Trans Studio Makassar di antaranya seperti Magic Corner, Cartoon City, Lost City, dan Studio Central. Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai jam 10 pagi hingga 7 malam.

Pada hari-hari biasa, tiketnya dipatok sebesar Rp. 100.000. Namun saat akhir pekan atau hari libur akan dikenakan tiket sebesar Rp. 175.000. Tetapi anda tidak perlu khawatir, sebab harga tersebut setara dengan keseruan yang bisa anda dapatkan dengan keluarga tercinta.

5. Malino
tempat-wisata-malino

Tempat wisata selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Malino. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan pemandangan pegunungan. Dan selama perjalanan menuju Malino anda akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dan juga batu kapur yang sangat indah.

Jika anda tertarik untuk datang ke Wisata Malino ini. Disarankan untuk mengenakan pakaian tebal dan jaket agar tubuh anda tidak kedinginan. Sebab Malino ini berada di ketinggian 1.050 meter. Tempat wisata Malino ini juga memiliki banyak sekali penawaran menarik untuk anda coba.

Seperti air terjun Takapala, air terjun seribu tangga, lembah biru, kebun teh, dan bungker peninggalan Jepang. Selain itu di tempat ini anda juga bisa menjumpai para penjual oleh-oleh khas Kota Makassar seperti buah markisa, apel, dan dodol ketan.

6. Taman Laut Takabonerate


taman-laut-takabonerate

Tempat wisata selanjutnya adalah Taman Laut Taka Bonerate. Destinasi wisata yang satu ini cocok sekali untuk anda yang memiliki hobi menyelam. Karena di Taka Bonerate ini anda akan menjumpai terumbu-terumbu karang yang sangat cantik dan ratusan jenis ikan, kura-kura, dan juga penyu.

Untuk mendapatkan pengalaman wisata terbaik di Taman Laut Taka Bonerate ini anda bisa mengunjunginya pada bulan April dan Mei. Karena pada bulan-bulan inilah cuaca sedang bagus-bagusnya dan jarak pandang di dalam laut pun sangat jernih.

Untuk tiket masuknya anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 60.000 untuk wisata mancanegara. Untuk biaya sewa alat selamnya anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000. Harga tersebut merupakan harga yang layak untuk pengalaman menyelam yang menyenangkan.

7. Danau Tempe


danau-tempe

Wisata yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk anda yang lebih menyukai pemandangan danau. Jika tempat wisata sebelumnya menawarkan banyak kegiatan menarik. Di sini juga tak kalah menariknya, sebab anda bisa memancing ikan dan juga menikmati pemandangan dengan menggunakan perahu nelayan.

Sekedar informasi, setiap tanggal 23 Agustus di Danau Tempe ini selalu diadakan acara ritual untuk mensucikan danau. Ritual tersebut adalah dengan menyembelih seekor sapi yang dilakukan oleh kepala nelayan. Selain itu, ada banyak sekali pertunjukan seni dan budaya dan berbagai perlombaan menarik lainnya.

8. Pantai Tanjung Bira


pantai-tanjung-bira

Setelah asik memancing seharian. Mungkin tak ada salahnya jika keesokan harinya anda mengunjungi Pantai Tanjung Bira. Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sebab pemandangan yang disuguhkan di Tanjung Bira ini benar-benar mampu membuat terpesona setiap orang yang melihatnya.

Pasirnya yang putih bersih dan juga airnya yang jernih bisa sangat memanjakan anda. Kegiatan-kegiatan menyenangkan bisa anda lakukan di sini adalah menikmati pemandangan matahari tenggelam di sore hari, berjemur, berenang, dan juga menikmati keindahan bawah laut Pantai Tanjung Bira.

Di tempat ini juga disediakan fasilitas yang yang lengkap seperti kamar mandi, penginapan, dan juga restoran. Untuk tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni sebesar Rp. 5000.

9. Air Panas Lejja

Setelah bersenang-senang di pantai. Anda juga bisa beristirahat dan memanjakan diri dengan berendam di kolam Air Panas Lejja. Tubuh anda yang letih akan langsung bugar kembali dan fresh. Apalagi di sekitar kolam terdapat banyak spepohonan rindang yang membuat pemandangannya semakin asri dan sejuk.

Harga tiket masuk yang dipatok pun sangat terjangkau yakni sebesar Rp. 5000 untuk orang dewasa dan Rp. 3.500 untuk anak-anak. Murah bangetkan.

10. Jalan Sombu Opu

Terakhir adalah tempat wisata Jalan Sombu Opu. Tempat ini cocok untuk menjadi penutup perjalanan anda selama di Makassar. Karena Jalan Sombu Opu ini merupakan pusatnya oleh-oleh khas dari Kota Makassar. Selain jajanan, di sini juga banyak dijual kerajinan tangan dan juga makanan khas Kota Makassar. 

Namun, dari sekian banyak oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang. Ada yang satu yang paling populer dan sering dijadikan oleh-oleh yakni minyak gosok cap tawon. Minyak cap tawon ini terkenal sangat panas. Buat anda yang penasaran tak ada salahnya membelikannya untuk oleh-oleh orang tua di rumah.

Untuk anda yang tertarik berwisata ke Kota Makassar juga tidak perlu repot-repot. Sebab sekarang tiket ke Kota Makassar bisa anda beli lewat online. Baik itu tiket kapal laut maupun tiket pesawat terbang. Dan impian jalan-jalan anda pun bisa langsung tercapai. Selamat berlibur.
Moh Kamil Seorang Blogger Traveler dan Pecinta Kapal Pelni

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel